Lafadz Atau Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab Serta Do'a Bukanya

Advertisement
Advertisement
Lafadz Atau Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab Serta Do'a Bukanya - Alhamdulillah, sebentar lagi kita akan memasuki awal bulan rajab,maka kita selaku umat muslim disunnahkah untuk menunaikan beribadah puasa sunnah yaitu puasa rajab. Mengenai untuk bacaan lafadz kemauan puasa sunah rajab bakal kami berbagi pada saat ini.

Ada banyak keutamaan serta faedah untuk orang yang berpuasa di bulan rajab. Seperti sabda Rasulullah SAW yang berarti : " Siapa saja berpuasa pada bln. rajab satu hari jadi laksana ia puasa sepanjang satu bulan, apabila puasa 7 hari jadi ditutuplah untuk dia 7 pintu neraka jahannam, apabila puasa 8 hari jadi dibukakan untuk dia 8 pintu surga. Apabila puasa 10 hari, jadi Allah bakal mengabulkan semuanya permintaannya ". (HR. At-Tabrhani). Diluar itu ada banyak lagi keutamaan-keutamaan dari puasa di bulan rajab.

Tetapi pada saat ini kami akan tidak membahasnya lebih jauh mengenai keutamaan puasa rajab (mungkin saja dipertemuan selanjutnya).

Niat Puasa Rajab

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ فِى شَهْرِ رَجَبِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN FII SYAHRI RAJABI SUNNATAN LILLAAHI TA'AALAA

Berarti : Saya kemauan puasa keesokan hari di bln. rajab sunah lantaran Allah Ta'ala

Tersebut Lafadz Kemauan Puasa Rajab Komplit Arab, Latin serta Berarti. Jadi, mulai malam ini kita dapat mengamalkannya, membaca kemauan puasa rajab waktu sahur.


     
Seperti yang kita kenali, bulan rajab adalah bulan ke-tujuh dari tanggalan hijriyah. Di mana sebagian bulan lagi bermakna umat muslim bakal masuk bln. Suci Ramadhan. Oleh karena itu, menunaikan beribadah puasa sunnah Senin Kamis terkecuali banyak keutamaan yang bisa didapat, puasa bulan ini dapat sebagai bentuk dalam menyiapkan rohani untuk Ramadhan.

  •  Diriwayatkan kalau apabila Rasulullah SAW masuk bln. Rajab beliau berdo’a : “Ya, Allah berkahilah kami di bln. Rajab (ini) dan (juga) Sya’ban, serta sampaikanlah kami pada bln. Ramadhan. ” (HR. Imam Ahmad, dari Anas bin Malik).
  • “Siapa saja berpuasa pada bln. Rajab 1 hari, jadi laksana ia puasa selama sebulan, kalau puasa 7 hari jadi ditutuplah buat dia 7 pintu neraka Jahim, kalau puasa 8 hari jadi dibukakan buat dia 8 pintu surga, kalau puasa 10 hari jadi digantilah dosa-dosanya dengan kebaikan. ”
  • Riwayat al-Thabarani dari Sa’id bin Rasyid : “Barangsiapa berpuasa 1 hari di bln. Rajab, jadi ia laksana berpuasa setahun, kalau puasa 7 hari jadi ditutuplah buat dia pintu-pintu neraka jahanam, kalau puasa 8 hari dibukakan buat dia 8 pintu surga, kalau puasa 10 hari, Allah bakal mengabulkan seluruhnya permintaannya.. ”
  • “Sesungguhnya di surga ada sungai yang dinamakan Rajab, airnya lebih putih daripada susu dan rasa-rasanya lebih manis dari madu. Barangsiapa puasa 1 hari pada bln. Rajab, jadi ia bakal dikaruniai minum dari sungai itu”.
  • Riwayat (dengan cara mursal) Abul Fath dari al-Hasan, Nabi Muhammad SAW bersabda : “Rajab itu bulannya Allah, Sya’ban bulanku, dan Ramadan bulannya umatku. ”
  • Sabda Rasulullah SAW lagi : “Pada malam mi’raj, saya lihat satu sungai yang airnya lebih manis dari madu, lebih sejuk dari air batu dan lebih harum dari minyak wangi, lantas saya ajukan pertanyaan pada Jibril a. s. : “Wahai Jibril buat siapakan sungai ini? ”Maka berkata Jibrilb a. s. : “Ya Muhammad sungai ini yakni untuk orang yang membaca salawat untuk engkau di bln. Rajab ini” 
Mungkin artikel tentang Lafadz Bacaan Niat Puasa Sunnah Bulan Rajab di cukupkan sekian, semoga bermanfaat Amiin
    Advertisement